20 Cara Menanam Buah Anggur Dengan Mudah

i.ytimg.com

Menanam buah Anggur – Cara menanam buah anggur di halaman rumah ternyata sangat mudah dan dapat dilakuakan oleh siapa saja. Buah yang memiliki rasa khas ini memang disukai oleh hampir semua orang. Hanya saja harganya yang mahal membuat tidak semua orang dapat menikmati buah yang satu ini.

Untuk itu banyak yang memilih untuk membudidayakan sendiri buah anggur di perkarangan  rumah agar ketika berbuah, mereka dapat nikmati enaknya buah anggur yang mereka tanan dengan usaha mereka.

Buah anggur biasanya hanya tumbuh di daerah dataran rendah, dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Untuk media tanamnya, anggur sangat cocok untuk untuk ditanam pada tanah dengan pH sekitar 7 dan usahakan tanah yang digunakan bukan tanah pasir atau tanah lempung.

Jika anda termasuk penyuka buah anggur, anda dapat membudidayakan buah anggur di pekarangan rumah.

Cara menanam buah angggur

Memebuat bibit anggur untuk ditanam di halaman rumah

Sebelum dapat menanam anggur di pekarangan rumah, tentunya anda perlu membuat bibit anggurnya dulu. Bibit anggur dapat dibuat dengan cara mencangkok pohon anggur yang memiliki kualitas unggulan yang tentunya brpenyakitan.

Uapayakan untuk mencangkok bagian batang anggur yang tegak, sehingga bibit yang yang dihasilkan  pun mudah untuk ditanam, baik di pot maupun langsung diatanah. Bibit anggur cangkokan ini dapat anda tanam setelah masa cangkokkan sekitar 6-7 bulan.

Persiapan menanam  anggur di halaman rumah

Setelah bibit anggur siap, maka anda perlu meyiapkan alat penyangga sebagai media tumbuhnya pohon anggur. Penyangga ini dapat dibuat dari kayu atau besi, tergantung keinginan anda. Untuk ketinggian penyangga, anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk anda yang hendak menanam anggur pada pot, anda dapat menyediakan pot yang sudah di lubangi bagian bawahnya, pilih pot yang memiliki ukuran sedang agar akar anggur dapat tumbuh dengan baik.

Untuk tanah yang cocok untuk menanam anggur ini, anda dapat mencampurkan tanah dengan kompos, dan dengan perbandingan 1:2. Dengan media tanam ini, dijamin pertumbuhan dan perkembangan anggur akan semakin maksiamal.

Setelah semua persiapan tersebut selesai, anda dapat langsung menanam bibit anggur anda. Cara menanam bibit cangkokan anggur ini tidak dapat dilakuakan secara semabarangan, anda perlu membuka bungkus cangkokan baik itu plastik atau media lainya.

Setelah itu buatlah lubang tanah di bagian tengah pot untuk meletakan  hasil cangkokan ini. Bibit ini tidak dapat langsung anda tempatkan di halaman rumah, anda perlu menaruhnya ditempat yang sejuk terlebih dahulu dalam jangka 3 minggu masa penanaman pertama. Hal ini tentunya untuk membuat bibit  anggur dapat menyesuaikan dengan media tanam yang baru. Pada masa ini anda juga harus rajin menyirami bibit anggur ini.

baca juga : cara menanam buah naga

Perawatan untuk anggur yang ditanam dihalaman rumah

Buah anggur yang di tanam di halaman rumah seringkali dalam jumlah yang terbatas, sehingga perawatanya cukup mudah. Pertama-tama anda dapat melakukan penyiraman intensif sebanyak dua kali sehari.

Hanya saja ketika usia pohon anggur sudah lebih 3 bulan, anda dapat melakuakan penyiraman dua kali sehari udah cukup.

Selain melakukan penyiraman dengan tepat, anda juga diharapkan mampu memberikan pupuk sebagai tambahan nutrisi uuntuk pertumbuhan pohon anggur yang anda miliki. Pupuk yang yang terbukti ampuh untuk pertumbuhan buah anggur ini adalah kombinasi antara pupuk NPK dengan pupuk kandang.

Pupuk NPK dapat anda berikan pada usia antara 10 hari sampai 6 bulan dengan kadar yang sesuai. Sementara setelah usia pohon anggur mencapai 1.5 tahun, anda dapat menambahkan pupuk kandang.

Jika perlu anda juga dapat menambah pupuk jenis lainyayakni pupuk KCL pada masa 2 tahun setelah penanaman bibit anggur.

Pohon anggur yang anda di halaman depan rumah ternyata juga memerlukan perawatan lainya berupa pemangkasan. Pemangkasan ranting dan cabang pohon anggur yang berserakan atau tidak rapi sangat penting karena mempengaruhi munculnya buah anggur itu sendiri.

Ranting yang telah di pangkas akan menghasilkan tunas baru dan bunga anggur pun bermunculan. Bunga inilah yang kemudian akan berubah menjadi buah anggur yang lezat dan segar.

Cara menanam buah anggur yang tepat dan buah dapat di petik dengan hasil menyenangkan,

diantara cara menanam buah anggur ialah:

Pilihlah varietaas anggur yang tepat. Ada ribuan varietas anggur di dunia. Agar bisa berhasil menanam anggur, pilihlah varietas yang terbaik menurut anda. Lakukan beberapa riset mengenai varietas anggur, dengan memperhatikan beberapa pemikiran berikut:

-tujuan anda menanam anggur. Anda mungkin menginginkan anggur untuk dimakan sebagai buah, diolah menjadi selai, diolah menjadi minuman, atau sekedar ingin memiliki keindahan tanaman anggur yang merambat di halaman rumah anda.

Temukan manakah varietas terbaik yang sesuai dengan maksut dan tujuan anda

=Dapatkan biji anggur. Segera setelah anda mengetahui varietas anggur yang ingin anda tanam, carilah bijinya. Anda bisa dapat dari buah anggur yang anda beli, dari pusat pembibitan, atau dari pertanian.

=Pastikan bahwa biji tersebut layak tanam. Periksalah biji anggur yang anda dapat, pastikan dalam keadaan sehat dan kondisinya baik.

-remaslah biji anggur dengan lembut di antara dua jari. Benih yng sehat akan keras dan tetap kokoh saat disentuh.

-perhatikan warna biji. Pada biji anggur yang sehat, anda akan melihat warna abu-abu pucat atau putih di bawah kulit biji.

-masukkan biji-biji tersebut ke dalam air. Biji yang sehat serta layak tanam akan tenggelam saat dimasukkan ke dalam air. Buanglah biji-biji yang mengapung.

=Siapkan biji. Ambillah benih yang layak lalu cucilah secara menyeluruh untuk menghilangkan ampas atau bahan yang lain yang menempel. Rendamlah biji-biji tersebut dalam sedikit air distilasi (air yang telah disuling) hingga selama 24 jam.

=Lakukan proses stratifikasi pada benih. Banyak biji memerlukan periode dingin dan kondisi basah untuk memulai proses perkecambahan. Secara alami, hal itu dapat dicapai jika benih berada di dalam tanah pada musim dingin.

=Tanamlah benih anggur. Ambil biji dari kata kulkas dan tanamlah didalam pot yang telah di isi tanah yang bagus.

=Lakukan transplantasi bibit. Ketika benih anggur anda sudah mulai tumbuh kira-kira 8 cm, pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar. Untuk kesehatan tanaman biarakan bibit tersebut di dalam ruangan hingga mencapai tinggi sekitar 30 cm, memiliki perakaran yang bagus dan setidaknya telah memiliki 5-6 lembar daun.

=Tanamlah bibit anggur di dalam tanah. Untuk dapat berkembangan dengan baik, tanaman anggur memerlukan banyak sinar matahari, drainase yang tepat dan juga konstruksi pendukung

=Buatlah penopang yang tepat untuk tanaman anggur. Tanaman anggur yang tumbuh merambat memerlukan teralis atau anjang-anjang sebagai penopang tanaman yang bertumbuh ke atas. Seiring dengan pertumbuhannya, anda akan perlu membuatkan teralis atau anjang-anjang.

Ikatkan ujung tunas ke kawat, dan biarkan tanaman bertumbuh sepanjang kawat tersebut.

Cara menanam buah anggur dalam pot

Cara menanam buah anggur dalam pot yang simple dan mudah berbuah yaitu dengan cara sebagai berikut:

-persiapan stek batang anggur

Yang terdiri dari 2-3 ruas dan ambil dari pohon induk yang sudah berumur diatas satu tahun.

Bentuknya bulat berukuran sekitar 1 cm

-kulitnya berwarna cokelat muda dan cerah dengan bagian bawah kulit berwarna hijau, berair, dan bebas dari noda-noda hitam.

-mata tunas yang sehat berukuran besar dan tampak padat, sedangkan mata tunas yang tidak sehat ukuranya kecil dan ujungnya tampak memutih seperti kapuk.

Menyemai bibit stek anggur

-sediakan polybag sesuai jumlah bibit stek anggur

-Sediakan media tanam  dari campuran tanah  + trichokompos + pasir dengan perbandingan 2:1:1

-Masukan media tanam ke dalam polybag

-Siram dengan larutan (trichokompos +air + hormon organik)

-Letakkan ditempat teduh hingga tumbuh tunas dan akar, jangan lupa meyirami setiap sore dengan air.

-Jika sudah tumbuh 2 daun penuh, bibit stek anggur siap untuk dipindahkan ke lubang tanam.

Penanaman

1.pertama-tama, masukkan seluruh media tanam berupa campuaran tanah – pasir – pupuk trichokompos (1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh, di ikuti dengan menanamkan bibit stek anggur siap tanam yang telah disiapkan pada bagian tengah-tengah pot. Dan disiramkan hingga seluruh  media dalam pot basah atau lembab.

2.kemudian, buatlah para-para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring-jaring kotak melingkar sisi pot. Anda bisa curahkan segala kreatifitas membuat para-para disini. Sesuaikan dengan selera anda saja.

3.lalu trichoderma disekeliling pot, supaya tidak ada janur yang meganggu pertumbuhan stek.

4.setelah usia tanaman  di dalam pot mencapai kurang lebih 1 bulan, maka berikan pupuk urea atau NPK  seimbang sebanyak 1 sendok makan yang dicampur air sekitar 1 liter. Kemudian disiramkan di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan  setiap 15 hari sekali.

Ketika batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi para-para, maka lakukan pemangkasan dengan menggunakan gunting potong tanaman. Lakukan secara rutin ketika tanaman  dalam keadaan yang telah disebutkan.

Tahap pembuahan anggur.

Pada umur 9 bulan, tanaman anggur dalam pot sudah bisa di buahkan untuk pertama kali. Namun  hasil pembuahan ini bisa berpengaruh kurang baik terhadap  tanaman, karena umurnya masih terlalu muda dankondisinya belum begitu kuat.

Saat yang paling tepat  adalah tanaman berumur  lebih dari satu tahun, agar peertumbuhan akar, cabang, ranting dan daunnya berkembang lebih sempurna, sehingga tanaman tumbuh lebih kuat dan kondisinya memadai untuk berubah.

Seandainya belum sampai setahun tanaman sudah mengeluarkan bunga dan berubah, bunga dan buah itu dipetik saja sebelum terlanjur berkembang besar. Dengan demikian zat makanan dalam tubuh tanaman bisa di manfaatkan sepenuhnya untuk pertumbuhan vegetatif berikutnya.

Cara pembuahan

Tanaman anggur dalm pot bisa di buahkan dua kali setahun. Bisa juga tanaman itu dibuahkan tiga kali setahun, namun akibatnya pertumbuhan tanaman bisa tidak sehat nantinya.

Tanaman anggur yang sudah cukup dewasa bisa berubah dengan baik kalau cabangnya dipangkas dan daun-daunya dirompes. Semua cabang sekunder dipangkas dan semua daun-daunya dirompes mengunakan gunting, sehingga akhirnya hanya tempat batang pokok,cabang-cabang primer dan cabang-cabang sekunder yang berbentuk pendek seperti taji.

Tanaman anggur itu tampak gundul tak berdaun. Dari cabang sekunder yang terpangkas itulah nantinya akan tumbuh tunas baru, yang akhirnya akan membesar jadi cabang tertier.

Dua minggu setelah pemangkasan dan perompesan, akan tumbuh ranting baru yang berdaun dan bersulur. Sulurnya itu umumnya tumbuh dekat mata tangkai daun yang ketiga, keempat dan kelima. Peliharalah  satu sulur yang paling besar dan sehat peertumbuhanya.

Dari ranting yang bersulur inilah akan tumbuh malai bunga, yang nantinya akan berkembang menjadi buah.

Macam-macam  anggur

Jenis-jenis anggur yang terpopuler antara lain:

Vitis vinifera

www.thebacklabel.com

-vitis vinifera adalah jenis anggur yang mampu tumbuh di daerah beriklim kering dan di dataran rendah hingga 300 m diatas permukaan laut. Ciri-ciri jenis ini adalah memiliki kulit tipis, rasanya manis dan segar, di eropa anggur ini banyak di gunakan untuk bahan minuman anggur.

Vitis labrusca

http://climbers.lsa.umich.edu

Vitis labrusca adalah jenis anggur yang mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga 900 m diatas permukaan laut jenis ini juga banyak di budidayakan  di dataran tinggi. Ciri –ciri dari anggur jenis ini adalah memiliki kulit yang tebal, rasanya masam dan kurang segar biasanya digunakan untuk membuat jus dan minuman anggur

Vitis rotundifolia

Vitis rotundifolia (muscadine) adalah jenis anggur yang memiliki warna ungu gelap hingga hitam jika sudah matang. Jenis ini biasa nya tidak hanya di makan segar tetapi juga di gunakan untuk membuat jelly jus dan minuman anggur

Isabella

menanam buah Anggur – Isabella jenis ini bisa beradaptasi dimana saja di belahan dunia ini, dari ketahanan dengan suhu yang sangat dingin, panas, bahkan lembab iklim tropis pun issabella mampu bertahan dan dinilai cukup tangguh terhadap gangguan hama.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh