4 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar -. cupang merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup mudah dalam hal perawatan. Ikan ini dapat ditempatkan  di akuarium berbagai ukuran. Ikan cupang juga tidak memerlukan alat sirkulasi udara seprti ikan lainya. ikan cupang juag mempunyai nama latin( betta sp )

Meskipun tidak begitu rewel, namun kita harus tetap merawat ikan cupang dengan baik dan benar. Dengan perawatan yang baik maka ikan ini dapat tumbuh dengan sehat dan tidak mudah terkena penyakit

Cara merawat ikan cupang

ikan cupang

Memilih akuarium

Telah disinggung di atas, ikan cupang dapat hidup di akuarium dengan beragam ukuran. Namun karena cupang merupakan jenis ikan soliter, maka lebih baik untuk memeliharanya di akuarium yang kecil saja, semisal berdiameter 20 x 15 x 15 cm

4.bp.blogspot.com

Dikhawatirkan jika kita memeliharanya diakuarium besar hanya akan membuang-buang tempat saja. Karena ikan cupang sulit untuk diletakkan dalam satu tempat bersama-sama mereka biasanya akan adu jotos jika ditempatkan bersama-sama.

Akuarium tersebut dapat dibiarkan polos atau ditambah dengan batu dan tanaman palsu agar tampak terlihat indah atau berwarna. Lalu letakan akuarium tersebut ditempat dengan suhu yang stabil, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Air akuarium

Untuk urusan air akuarium tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan air sumur. Pasalnya air sumur memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang.  yaitu rawa-rawa dan sawah.

Namun jika tidak ada air sumur, maka menggunakan air PAM atau sumber air lainya juga tidak apa-apa tidak menjadi masalah. Akan tetapi  disarankan sebelum memasukkan air ke akuarium ikan cupang untuk di diamkan dulu di ember atau sejenisnya.

Selanjutnya gantilah air tersebut minimal tiga hari sekali. Anda juga dapat mengganti airnya setiap dua atau bahkan setiap hari. Konon ikan cupang akan jauh lebih baik pertumbuhanya jika kita rajin mengganti airnya setiap hari.

Sebelum mengganti airnya, silahkan pindahkan terlebih dulu ikan cupang anda ke wadah penyimpanan sementara. Pindahkan ikan cupang tersebut dengan menggunakan saringan khusus ikan. Jangan memindahkanya dengan tangan Karena bisa merusak sirip ikan dan ekornya yang indah.

Setelah dipindahkan, silahkan bersihkan akuarium tersebut dari kotoran ikan dan lendir-lendir yang menempel. Namun ingat, jangan mencucinya dengan sabun atau deterjen. Karena dapat meracuni ikan cupang cukup bersihkan dengan spon.

Penanganan penyakit

Jenis-jenis penyakit yang sering menyerang ikan cupang diantaranya seperti white spot, velvet, busung dan juga berak putih. Cara menanganinya bisa anda simak dibawah berikut ini

Penyakit White Spot

2.bp.blogspot.com

Jika ikan cupang yang kita pelihara terkena penyakit yang ditandai dengan bercak-bercak putih diseluruh tubuhnya. Menandakan jika ikan cupang tersebut terserang jenis penyakit white spot.

Cara untuk mengatasi penyakit seperti ini kita bisa berikan obat anti bakteri bernama Bliz id.

Cara pemberian obat tersebut dapat dilakukan dengan meneteskan obat tersebut pada air akuarium, dosis yang diberikan  yaitu empat tetes pada air yang sebanyak empat liter. Selain dengan menggunakan jenis obat anti bakteri.

Cara mengatasi penyakit ini white spot juga dapat dilakukan dengan garam dapur yang biasa digunakan untuk memasak.

Cara pengobatanya yaitu dengan menabur satu sendok garam ke dalam akuarium atau bisa dengan cara membiarkan ikan yang terserang penykit didalam baskomdengan berisi air garam, takaran garam yang digunakan  yaitu sekitar  2-3 sendok makan garam untuk 1 liter air.

Pengobatan ini sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama. Karena reaksi dari obat ini sangat cepat, maka cukup beberapa detik saja dan masukan kembali ikan kedalam akuarium.

Penyakit Busung Ikan Cupang

Penyakit busung ialah jenis penyakit ikan yang cukup sulit untuk diteki. Karena jenis penyakit ini sering menyerang langsung ke bagian dalam organ tubuh ikan cupang. Tanda-tanda ikan cupang yang terjangkit penyakit jenis busung. Yaitu  terlihat pada bagian perut ikan yang membusung atau buncit.

Penyakit ini disebabkan  oleh bakteri salmonella sp yang terdapat didalam tubuh ikan. Cara mengobatinya yaitu dapat dilakukan dengan merendam ikan cupang kedalam air yang berisi larutan Flagil 500, proses perendaman dapat dilakukan selama 1-2 jam.

Penyakit Berak Putih Ikan Cupang

Berak putih adalah penyakit yang dapat menyerang ikan cupang. Tanda-tanda ikan cupang yang terjangkit penyakit ini yaitu terlihat kotoran yang dikeluarkan berwarna putih penyakit ini disebabkan oleh cacing ascaris sp.

Mekipun penyakit ini tidak dapat berkibat kematian pada ikan namaun harus segera diobati.

Cara pemgobatan dari penyakit ini yaitu dengan memberikan obat cacing khusus untuk ikan seperti veronimox atau Vorm x yang telah dicampur dengan air. Pemberian obat ini dapat diberikan dengan dosis 1tetes yang dicampur dengan 5 liter air masukan ikan cupang kedalam air tersebut selama 1-2 jam lakukan  setiap hari sampai ikan sembuh.

Penyakit Velvet Ikan Cupang

Jenis penyakit ini yang sering menyerang ikan cupang  yaitu valvet. Tanda-tanda ikan yang terserang penyakit ini yaitu sirip ikan  akan menguncup. Penyakit ini disebabkan oleh parasit bernama saproglenia sp.

Penyakit Velvet inidapat di obati dengan  jenis obat anti baktei yang dapat dengan mudah di dapatkan di toko-toko peternakan, salah satu jenis obat anti bakteri yang dapat digunakan yaitu Blitch itch. Cara pemberianya obat ini yaitu siapkan 4 liter air bersih , lalu 4 tetes obat Blitch itch dan juga 4 sendok teh garam dapurkemudian aduk rata hingga garam dapur larut.

Setelah tiu, masukkan ikan  kedalam baskom tersebut selama beberapa 5-10 menit saja, lalu masukkan kembali ikan kedalam akuarium.

Selain itu ada cara pengobatan ikan yang terkena penyakit jenis Valvet. Juga  dapat di obati dengan menggunakan obat anti bakteri seperti root stop atau fishmate. Cara penggunaanya yaitu dengan meneteskan obat 0.3-0.5 ml kedalam 4 liter air wadah yang telah disiapkan pada wadah baskom.

Lalu masukan ikan cupang tersebut salama 10 menit dan angkat lalu masukan kembali ke akuarium.

Jenis pakan yang baik untuk ikan cupang

Beberapa makanan ikan cupaang dapat anda peroleh dengan mudah seta bernutrisi sangat tinggi  untuk bertumbuhan ikan cupang.

Makanan ikan cupang bisa didapatkan dengan cara gratis ataupun membayar. Jika anda ingin mendapatkan makanan ikan cupang dengan gratis. Dibawah ini ada beberapa cara mendapatkan pakan ikan cupang secara gratis dan bernutrisi tinggi serta baik untuk pertumbuhan ikan cupang.

1.Cacing Darah

http://www.pertanianku.com

Untuk menggunakan cacing darah sebagai pakan ikan cupang, anda harus mematikan dulu cacing darah ini. Dalam arti ketika memberi makan untuk ikan cupang ini harus keadaan kering.

Sebenarnya jika ikan cupang diberi makan berupa makanan sudah mati, dalam segi kesehatan dan kebugaran itu kurang baik. Maka usahakan memberinya dalam keadaan hidup.

Oleh sebab itu, jadikanlah cacing darah ini hanya untuk makanan alternatif saja. Karena sangat disayangkan jika memberi makan untuk ikan cupan kesayangan anda.

2.Jentik Nyamuk

www.binatangpeliharaan.org

Jentik nyamuk adalah jenis makanan yang bisa anda dapatkan di endapan air, seperti selokan, trotoar, dan lain-lain.

Makanan ikan cupang jenis ini merupakan yang terbaik, karena gratis alias dalam memperolehnya dengan usaha sendiri.

Protein yang terdapat pada jentik nyamuk ini sangatlah berguna dan bermanfaat sekali untuk ikan cupang  anda. Apalagi dalam jentik nyamuk ini terdapat unsur lemak dan juga terdapat serat yang berfungsi memperkuat otot-otot  dalam tubuh ikan cupanag tersebut.

Sebelum anda memberikan makan jentik nyamuk kepada ikan cupang anda, alangkah baiknya untuk direndam sebentar kedalam air bersih menggunakan alat kecil khusus buat ikan.

Agar macam-macam bakteri hilang terlebih dahulu. Jika langsung memberi makan pada ikan cupang, bisa jadi bakteri yang ada dalam  jentik nyamuk tersebut akan menyebar pada tempat akuarium anda.

Jentik nyamuk pun juga ada jenisnya. Usahakan memberi makan ikan cupang yang berupa larva, jangan memberi jentik nyamuk yang masih berbentuk bulat. Karena akan mempengaruhi juga pada ikan cupang.

Maka dari itu, saringlah dahulu jentik nyamuk agar bersih dari kuman dan kepompong.

Cara untuk memilih jentik nyamuk yang baik

Jika anda mengambilnya dari tempat kotor, usahakan disaring dulu kemudian masukkan kedalam air yang masih bersih. Lihat apakah ada yang mengambang atau tidak lalu ambilah jentik nyamuk yang tenggelam untuk bahan makanan ikan cupang anda.

Sedangkan jika ada ynag mngambang bisa anda buang, karena yang mngambang bukanlah jentik nyamuk.

3.cacing sutra.

bacaterus.com

Jenis makanan ikan cupang selanjutnya adalah cacing sutra. Menurut pengamat penghobi dan pembudidaya jenis ikan hias, cacing sutra ini merupakan makanan ikan cupang yang terbaik.

Ada dua macam cara untuk mendapatkancacing sutraini:

Almai : yaitu anda bisa mencarinya di parit-parit atau pinggiran sungai tedekat.

Pelet: anda bisa dapatkan dengan mengunjungi toko terdekat kota anda

4.Kuning Telur

www.binatangpeliharaan.org

Ketika anda sedang membudidayakan jenis ikan hias cupang ini, jangan bingung masalah memberi makannya. Salah satu makanan ikan cupang anda dapat gunakan kuning telur.

Kuning telur ini digunakan makanan untuk ikan cupang, hanya untuk menggantikan kalau tidak menemukan kutu air saja. Caranya anda bisa melihat kantong kuning yang terdapat pada anakan ikan cupang.

Biasanya ketika sudah mencapai 3-4 hari , kantong kuning anakan ikan cupang ini habis. Barulah kuning telur ini bisa anda kasihkan untuk makan ikan cupang tersebut.

Jenis-Jenis Dan Nama-Nama Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan hias yang berukuran kecil yang memeliki warna dan jenis yang beraneka ragam.

Diantara jenis-jenis ikan cupang iaalah :

1.Ikan Cupang Halfmoon

1.bp.blogspot.com

Ikan cupang halfmoon adalah ikancupang yang mirip dengan burung merak, atau etengah bulan. Siripnya bisa mengembang sampai setengah lingkaran. Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. Baik warna, sirip dan ekornya sangat memikat. Halfmoon adalah cupang asal thailand.

Kurun waktu sepuluh tahun kebelakang ikan ini menambah pasaran Indonesia, kemampuan sirip bisa mengembang hingga seratus delapan puluh derajat.

2.Ikan Cupang Serit Atau crown Tail

www.duniaq.com

Ikan cupang serit memiliki ciri sirip bergerigi dan menjuntai panjang mirip sisir. Ikan cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitas ekspor.

3.Ikan Cupang Plakat

storage.jualo.com

Plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung. Namun bila amarahnya terusik, tipe plakat ini akan mengembangkan siripnya hingga tegak 180 derajat, inilah yang membedakan dengan cupang petarung.

Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Jika anda ingin mengawinkan ikan cupang. Pastikan anda sudah memastikan ikan betina dan jantan yang anda pilih adalah yang terbaik.

Karena hal ini yang menentukan bibit kualitas ikan cupang anda, mari kita pelajari tentang mengawinkan ikan cupang, langkah-langkah mengawinkan ikan cupang.

-pilihlah induk ikan cupang jantan dan betina yang agresif dan aktif.

-pisahkan antara induk jantan dan induk betina dan beri makan yang cukup untuk selama 5-6 hari

-masukan masing-masing induk ikan cupang kedalam satu wadah yang telah diberi tanaman tempat bertelur seperti enceng gondok.

-Biarkan sampai 3-4 hari, telur akan menempel pada daun

-pindahkan induk betina dan beri makan secukupnya

-setelah telur menetas, jangan diberi makan sampai 2-3 hari

-kemudian selama 2-3 hari selanjutnya anak-anak ikan cupang tersebut dapat diberi makan infosuria

Ciri Ikan Cupang Siap Kawin

-Ciri-ciri ikan cupang jantan siap kawin ialah, sudah dapat membuat busa dan buih

-Ciri-ciri ikan cupang betina siap kawin adalah sudah muncul titik putih di bawah perutnya.

 

Baca Juga teknik  permainan sepak bola

No Responses

  1. October 1, 2017

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh