30+ Jenis Kelinci Populer yang Wajib Kamu Ketehaui

Jenis kelinci – Kelinci adalah hewan mamalia yang mempunyai kaki empat dan bulu. Tingkah laku kelinci yang lucu menjadikan banyak orang yang ingin memeliharanya. Sebab kelinci banyak di manfaatkan sebagai hewan peliharaan atau bahkan dijadikan sebuah kelinci daging untuk jadi menu hidangan.

kelinci yang sering menjadi peliharaan ialah kelinci kelinci yang kecil, berbulu halus, dan lucu. Dan kelinci yang di jadikan kelinci daging atau kelinci untuk di masak ialah kelinci yang biasa identik dengan memiliki tubuh yang besar.

Ada banyak sekali jenis kelinci di dunia ini. Untuk para pecinta hewan peliharaan pasti tidak akan hanya memilih satu jenis kelinci tertentu, sebb kelinci sendiri adalah hewan yang lucu dan menggemaskan.

Karena hampir semua jenis kelinci mempunyai bulu yang berwarna warni dan indah, dan tingkah laku yang menyenangkan dan lucu.

Jenis-jenis Kelinci

jenis kelinci imut

biasaaja.com

Jika anda penasaran dengan jenis jenis kelinci yang lucu-lucu ini, maka berikut ini jenis-jenis kelinci yang paling banyak di pelihara oleh pecinta kelinci di dunia. Dari ukuran yang terbesar sampai ukuran yang terkecil.

Kelinci New Zealand White

jenis kelinci lucu

biasaaja.com

Walaupun jenis kelinci ini bernama New Zealand White, tapi sebenarnya bukan berasal dari New Zealnd melainkan kelinci ini dari Amerika.

Jenis ini merupakan kelinci hasil persilangan Flemish Giant dengan bobot mencapai 5,5 kg dan bisa bertahan hidup hingga 10 tahun jika di pelihara dengan benar. Kelinci ini juga banyak dijadikan kelinci potong untuk berapa orang menyukai  daging kelinci

Seringnya kelinci jenis New Zealand ini ketika melahirkan, bisa melahirka anak 10 – 12 anak dalam satu kelahiran. Dan kelinci ini mempunyai ciri khas yaitu dengan bulu putih albino dan warna mata merah seperti kelinci lokal (kelinci jawa)

Kelinci Netherland Dwarf

jenis keinci kecil dan imut

biasaaja.com

Kelinci ini sama seperti dengan arti namanya yaitu belanda kerdil, jenis kelinci Netherland Dwarf ukuranya mungil dan pertumbuhannya sangat lambat. Dulu jenis kelinci ini di bawa oleh bangsa belanda ke Indonesia dan di pelihara kolonial.

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis kelinci lain Netherland Dwarf sebenarnya kurang cocok untuk diternakkan, namun dalam penyebaranya di Indonesia begitu merata.

Kelinci Rex

jenis kelinci rex yang lucu

http://biasaaja.com

Ciri khas kelinci ini adalah bulunya yang sangat lembut seperti boneka. Kelinci ini berasal daari prancis, jenis-jenisnya antara lain : dalmatian rex (bertotol), black rek, pappilon rex,ermine rex, blue rex.

Kelinci English Spot

jenis kelinci ingris

http://biasaaja.com

Ciri khas kelinci english spot adalah warna dasar bulunya yang putih dan dihiasi bintik-bintik warna lain disekitar punggungnya. Kelinci ini jelas berasal dari inggris, jadi kelinci in juga disebut sebagai kelinci inggris.

Kelinci Satin

jains kelinci satin yang lucu

http://biasaaja.com

Ras kelinci satin berasal dari Amerika Serikat yang merupakan kelici jenis kelinci hias dan pedasin. Jumlahnya anak setiap melahirkan mampu mecapai 7-10 ekor dengan bobot 4-5 kg ketika mencapai usia di atas 8 bulan.

Jenis kelinci ini memiliki kuku dan ruas tulang yang kuat dengan bentuk tubuh panjang, kepala lebar serta lehernya pendek sehingga postur tubuhnya kuat. Kelinci satin memiliki warna bulu beragam dari putih, coklat, hitam, kebiruan, gading, dan California (telinga, moncong, ekor, dan ujung kaki warnanya hitam sedangkan tubuhnya berwarna putih).

Kelinci Havana

Kelinci havana termasuk ras kelinci tertua di dunia karena sudah dikembangkan di belanda sejak tahun 1898 silam. Penyebaran kelinci havana terbilang cepat, sebab memasuki tahun 1908 jenis kelinci ini sudah menyebar diseluruh Eropa.

Ciri khas kelinci ini adalah bulunya yang halus dan mengkilap.

Baru  pada tahun 1916 kelinci havana dipasarkan di Amerika dan Asia termasuk Indonesia. Dulunya mereka dikembangbiakan oleh beberapa orang antara lain, Fee de Marbourg, Perle Biaya dan Gris Perle de Hal.

Kelinci jenis ini telah diakui oleh American Rabbit Breeders Association dalam empat jenis varian warna yang memiliki antaranya : coklat, biru, hitam. Berat rata-rata mereka adalah antara 2,0 kg dan 2,9 kg.

Kelinci Hotot

Ras kelinci ini terlihat cantik dan anggun. Kelompok kelinci ini mempunyai ciri yang khas dengan lingkaran hitam yang terdapat di bagian sekeliling matanya, selain dari ituuntuk ras kelinci ini juga memilki telinga yang cukup seimbang atau oas, telinga mereka tidak terlalu panjang tidak terlalu pendek.

Kelinci Anggora

kelinci anggora coklat

Pada dasarnya jenis kelinci anggora hampir kelihatan sama tetapi ada sedikit perbedaan dibagian tubuh dan bulunya. Untuk masalah warna pada kelinci anggora sangat bervariasi ada yang berwarna hitam putih, putih, coklat, abu-abu, orange, dll.

Dibawah ini akan kita bahas secara detail jenis kelinci anggora. Mari kita simak bersama-sama.

Macam-macam Kelinci Anggora

kelinci anggora hias yang lucu

Secara umum, jenis-jenis kelinci anggora yang banyak dipelihara orang ada empat macam kelinci Anggora yaitu kelinci anggora perancis, anggora satin, anggora giant, dan anggora inggris. Dan msih banyak laagi macam kelinci anggora yang lainnya.

Maka mari kita simak dengan jelas macam-macam kelinci berikut ini :

Kelinci Anggora Giant

Kelinci jenis ini dapat tumbuh dengan berat kisaran 6 kg. Variates yang diterima ARBA ruby berwarna putih (ruby eyed white). Kelinci diciptakan oleh louise Waish, kelinci ini paling terbesar dibandingkan dengan jenis lainya.

Kelinci ini juga penghasilan bulu yang efisien dan berkelanjutan dengan pakan berbasis alfalfa dan jerami serta hidup didalam kandang kawat. Kelinci ini juga di ambil bulunya untuk penghasilan wol.

Kelinci Anggora German

Kelinci ini dapat mencapai bobot kisaran 2-6 kg. Varietas yang diterima IAGARB (tidak tunduk pada standard ARBA). Jenis kelinci ini sementara tidak diakui oleh ARBA yang umum di Amerika serikat dan Kanada.

Kelinci ini Anggora jenis german ini terlihat mirip dengan Anggora raksasa bahkan bisa mencapai raksasa bahkan bisa mencapai bobot yang fantastis.

Kelinci Anggora Satin

Varietes yang diterima ARBA : menunjuk putih, agouti, berbayang, pita lebar, sicked. Kelinci ini berasal dari persilangan antara kelinci satin biasa dan kelinci anggora perancis. Kelinci anggora ini tidak memiliki bulu yang lebat selebat jenis lainya.

Mempunyai batang rambut luar yang semi-transparan dan bersinar, mengkilap, dan tekstur yang lembut atau bahkan bisa disebut licin. Kelinci Anggora satin lebih mudah diatur dibanding varietas lain anggora

karena bulu yang tidak terlalu panjang, meskipun sulit untuk di pegang karena bulu yang licin.

Kandang Kelinci

sudah ada yang pernah buat kandang kelinci blom guys? Pasti belum kan? Wah sangat disayangkan sekali, padahal cara membuat kandang kelinci yang sehat dan baik ini termasuk mudah, jadi pastinya nggak perlu beli cukup buat sendiri.

Kelinci termasuk kelompok mamalia kecil dari famili leporidae dari ordo legomorpha. Dulunya kelinci merupakan hewan liar yang hidup di daratan Afrika sampai Eropa.

Namun dimasa ini kelinci banyak dipelihara dan dibudidayakan sebagai hewan pedaging atau hewan hias peliharaan. Kelinci bisa kita temukan dengan mudah di belahan dunia manapun.

Hal yang sangat dibutuhkan disaat memelihara kelinci ialah kandang kelinci.

Bebepa hal yang perlu di perhatikan ketika akan membuat kandang kelinci dan kotak sangkar.

Penempatan Kandang Kelinci

Pastikan kandng kelinci diletakkan di tempat yang mendapat  sinar matahari, tempatnya kering, ada ventilasi udara yang baik dan tidak jauh dari rumah supaya mudah dalam pengawasan dan pemeliharaan kelinci.

Sinar matahari pagi diperlukan untuk menerangi dan mengeringkan kandang sekaligus untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang ada disekitaran kandang.

Kelinci bisa tumbuh dengan baik dilingkungan sejuk paada suhu 15-20 derajat celcius dengan kelembapan udara 60-90%. Tempatkan kandang kelinci dekat dengan pepohonan rindang supaya udara sekitar tetap sejuk dan masih mendapat sinar matahari.

Vasilitas udara yang baik sangat penting untuk menjaga agar kondisi kandang tidak lembap dan udara bisa keluar masuk dengan mudah

Kandang Kelinci Dalam Ruangan

Nah untuk pecinta keliinci hias seperti kelinci Anggora, mungkin anda akan memakai kandang kelinci rumahan yang mana kandangnya diletakan dalam ruangan.

Begitu juga dengan kelinci pedaging skala besar, biasanya para peternak skala besar menyimpan kandangnya di dalam ruangan tertutup.

Kandang yang di dalam ruangan tidak perlu menggunakan atap, karena sudah terlindungi oleh atap ruangan, tapi minimal ketinggian kandang  sekitar 80 cm supaya kelinci tidak melompat ke luar.

Jadi di rumah anda ada anjing juga, tempatkan kandang kelinci jauh dari jangkauan anjing. Kelinci akan kaget jika melihat anjng mendekati kandang. Jadi untuk kelinci hias rumahan pastikan kandangnya ditempatkan di tempat yang aman.

Kandang Kelinci di Luar Ruangan

Kandang yang berada di luar ruangan memerlukan atap dan dinding yang kokoh untuk melindungi kelinci dari panas matahari, terpaan angin dan ganguan hewan buas seperti anjing. Kandang luar ruangan cocok untuk peternak kelinci ukuran menengah.

Untuk kelinci peternak, kandang bisa dibentuk seperti panggung, dengan ketinggian dari tanah sekitar 60-100 cm. Anda bisa menggunakan kayu atau bambu supaya kandangnya kokoh.

Kandang kelinci pedaging atau kelinci potong bisa dikelompokan menjadi 3 model, yaitu kandang individual, kandang koloni (bersama) dan kandang bertingkat.

Kandang panggung dengan model individu di setiap kandang hanya diisi satu ekor kelinci dan disetiap sekat dindingnya bisa ditaruh wadah tempat pakan jerami.

Kandang model koloni, satu ruangan kandang diisi oleh banyak ekor kelinci. Otomatis kandangnya lebih luas, ada kelinci betina indukan, elinci jantan indukan dan anak-anak kelinci yang lepas sapih.

Untuk kandang bertingkat, pastikan diantara tingkat atas dan bawah ada alas ata wadah kotoran, supaya kotoran dari lantai atas tidak jatuh ke lantai dibawahnya. Model bertingkat seperti ini bisa digunakan untuk menghemat tempat.

Kandang Kelinci Pindah-pindah

Kandang semacam ini biasa digunakan untuk kelinci hias rumahan. Kita bisa dengan mudah membawanya kemana saja, bisa dibawa jalan-jalan, disimpan dipekarangan rumah dan sewaktu-waktu bisa dimasukan kedalam rumah. Kandang jenis ini lebih cocok menggunakan dinding dari kawat.

Kelinci juga butuh piknik untuk merasakan udara luar yang sangat segar dan merasakan berlari-lari, sesekali bawalah kelinci anda bermain di taman sekitar rumah anda.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Kandang kelinci bisanya dibuat dari kayu atau bahkan gabungan keduanya. Kandang kawat lebih cocok untuk kelinci hias didalam rumah atau kandang yang bisa dibawa-bawa.

Kandang harus cukup tinggi supaya  kelinci bisa berdiri tegak dengan kedua kakinya. Sebagai acuan, panjang kandang harus tiga kali ukuran panjang kelinci dewasa.

Kalaupun anda memiliki kelinci yang kecil,  tapi patokan kandang harus disesuaikan dengan kelinci dewasa.

Untuk dua ekor kelinci yang ringan kira-kira anda bisa membuat kandang dengan ukuran 120 x 75 x 40 cm. Untuk kelinci tipe berat, ukuran kandang bisa disarankan yaitu 180 x 75 x 50 cm.

Buatlah pintu kandang yang cukup besar untuk memudahkan keluar masukanya wadah tempat pakan dan minuman. Ukuran pintu yang ideal kira-kira 35 x 45 cm.

Anda bisa membuat kandang dari gabungan kayu dan kawat, buatlah sesuai kebutuhan dan kondisi lingkaran anda.

Contoh Desaign Kandang Kelinci

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh