50+ Kerajinan Bambu yang Unik dan Lengkap Cara Membuatnya

Kerajinan Bambu ialah sebuah kreatifitas masyarakat yang dapat memanfaatkan pohon bambu dengan baik. Pohon bambu terkenal memiliki manfaat yang sifat kuat, tetapi pohon bambu juga fleksibel.

Sehingga mudah untuk dimanfaatkan menjadi kreatifitas yang hasilnya adalah produk yang bermanfaat bagi kehidupan serta enak di pandang mata dan menjadi sebuah pajangan.

Batang bambu termsuk dalam jenis tanaman yang banyak tumbuh di tanah Indonesia. Meski lebih identik dengan negara Cina, namun penyebab dari letak geografis Indonesia menjadikan bambu dapat tumbuh dengan subur dan penyebarannya cukup mudah dilakukan.

Selain itu, iklim Indonesia yang terbagi  hanya kemarau dan hujan pun membuat banyak jenis tanaman lebih mudah tumbuh di Indonesia. Maka dari situ banyak sekali kreatifitas yang di buat oleh masyarakat dari batang bambu ini.

Macam-macam Kerajinan dari Bambu

kerajinan bambu miniatur

http://biasaaja.com

Kerajinan tangan dari bambu tidak hanya sekedar di gemari oleh masyarakat nasional, tetapi juga internasional. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dibagikan beberapa kerajinan tangan. Berikut ini adalah macam-macam kerajinan dari bambu.

Lonceng Angin

kerajinan loceng bambu yang unik

http://biasaaja.com

Salah satu atribut sepesial dari genta atau lonceng bambu ini adalah suara unik yang dihasilkan. Lonceng  dari bambu sebagai salah satu kerajinan dari bahan bambu memiliki suara yang lebih lembut dari pada lonceng angin yang terbuat dari besi.

Lampu Taman

 

Batang bambu yang lurus dan kuat membuatnya cocok dijadikan sebagai tiang lampu untuk outdoor. Kamu bisa memasangnya disekitaran taman atau di pinggir kolam renang.

Dan jika anda berniat ingin membuat sendiri kerajinan lampu taman dari bambu, maka anda dapat meniymak ulasan berikut.

Casing Gadged dari Bambu

kerajinan casing hp dari bambu

http://biasaaja.com

Pasti udah kebayangkan bukan, bagaimana bentuk kerajinan  tangan yang satu ini?. Jika sebuah casing terbuat dari bahan plastik atau karet mungkin itu sudah biasa. Tapi kalau dari bahan bambu, itu baru luar biasa. Selain unik, casing gadget dari bambu ini tidak mudah sekali pecah, dan kelebihan yang lain yaitu casing ini ramah lingkungan.

Binkai Foto dari Bambu

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika kita berkunjung  kerumah-rumah modern atau rumah tradisional, kita pasti menemukan barang-barang yang terbuat dari kerajinan bambu berupa bingkai foto, meja, kursi, sepedah, alat musik, hiasan dinding dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak kerajinan tangan dari bambu, maka bingkai foto termasuk benda yang mudah pembuatanya. Namun, kerajinan tangan dari bambu berupa bingkai foto ini butuh kreatifitas untuk dapat tertarik ketika melihatnya.

Cara Membuat Lampu Taman Hias dari Bambu

Nah, sebelum anda membuat kerajinan bambu lampu hias taman ini, anda sebaiknya persiapkan dahulu bahan-bahan dan peralatan selanjutnya ini :

Alat dan bahan kerajinan bambu

  • Batang bambu 1-3 meter
  • Lampu irit daya 5 watt bersama dengan warna cocok selera anda (kuning, biru, hijau, dan lainya)
  • Kabel lampu seperlunya
  • Kuas cat
  • Cat warna yang cocok dengan selera andaata menggunakan pelitur jika ingin memakai rana natural bambu
  • Cat clear
  • Semen
  • Amplas
  • Gunting atau cutter
  • Gergaji
  • Alat pahat

Tahapan Membuat Lampu Hias dari Bambu

Jika bahan-bahan sudah siap, maka dapat di mulai pembuatanya. Perhatikan beberapa langkah selanjutnya bersama dengan seksama

  1. Potong bambu yang telah tersedia, dan di potong sepanjang 1,5 meter atau bisa dengan selera anda sendiri.pastikan bambu yang anda pilih adalah bambu kering yang sangat kuat dan berdiameter lebih dari 10 cm.
  2. Amplas permukaan bambu sampai halus, lalu cat total permukaan bambu permukaan bambu atau mampu juga anda memanfaatkan pelitur. Setelah itu menanti sampai cat kering.
  3. Apabila cat sudah terlihat kering, anda dapat memulai menggergaji bambu pada bagian bawah ruas bambu untuk jadi tatakan lampu bambu anda.
  4. Potong juga dengan gergaji bagian atas bambu untuk keluarnya sinar lampu.
  5. Lubangi bagian sedang dari ruas bambu bagian bawah lampu mu bambu lubang masuk kabel.
  6. Dengan manfaatkan alat pahat dan gergaji, berikan lebih dari satu lubang bersama dengan ukuran yang bervariasi di batang lampu bambu anda bagian area keluarnya cahaya.
  7. Amplas lagi bagian lampu yang terbuka agar halus dan rapih.
  8. Gunakan semen untuk membuat dudukan lampu bambu agar mampu berdiri tegak.
  9. Tinggi dudukan tidak cukup lebih 7-10 cm. Anda bisa untuk gunakan ukuran ember kecil atau bisa juga mengunakan kaleng bekas cat untuk cetakan semen.
  10. Cat atau pelitur lagi lampu bambu anda selanjutnya dudukannya supaya tampilan lampu hias anda menarik.
  11. Pasang lampu kedalam tempat lampu hias bambu anda selanjutnya instalasi kabelnya.
  12. Letakkan di area yang direncanakan
  13. Nyalakan lampu dan menikmati hasil karya tangan anda.

Cara Membuat Bingkai Foto dari Bambu

Bingkai atau figura, sebenernya sudah tidak asing lagi. Bagi kalaian yang tua, muda bahkan anak-anak sekaligus pun. Namun untuk sementara ini saya akan berbagi cara untuk dapat membuat kerajinan bingkai foto dari bambu sehingga menjadi hal yang klasik.

Sebelum anda memulai untuk membuat kerajinan ini perlu mempersiapkan alat dan bahan sebagai berikut.

Alat dan bahan kerajinan bambu bingkai foto

  • Bambu kering sebagai bahan utama
  • Gergaji
  • Penggaris dan bolpoin
  • Lem fox
  • Pisau
  • Amplas
  • Plitur kayu atau cat mengkilap

Tahap membuat bingkai foto dari bambu

Ketika bahan dan alat telah lengkap anda dapat memulainya dengan menyimak cara di bawah ini

  1. Gunakan jenis bambu yang lumayan tua dan mempunyai ruas buku yang agak panjang
  2. Potong bambu sesuai dengan ukuran foto yang akan anda gunakan, lantas potong bambu yang masih bulat bersama gergaji
  3. Belah menjadi empat sama besar dan lebar
  4. Haluskan tiap belahan bersama manfaatkan pisau raut
  5. Amplas bambu sampai halus, sehingga hasinya lebih memuaskan
  6. kamu bisa memberikan sedikit kesan garis diukur dari 1 cm ambil pisau yang berujung tajam tancapkan ujung pisau, dan ketukan sedikit kayu ke pisau, lalu congkel angkat dan tarik. Maka anda akan beroleh garis lurus pada bambu.
  7. Potong setiap ujung bambu kira-kira 90 derajat mampu digunakan dan manfaatkan garis diagonal lantai tempat tinggal anda.
  8. Sambung keempat sudut bambu, manfaatkan satu biji setepler dan ketok dengan palu kecil
  9. Beri sentuhan warna untuk bambu dengan cat. Warna yang di gunakan sesuai dengan yang anda inginkan, dan memeberikan kesan indah pada bingkai anda, anda juga dapat menambahkan manik-manik agar lebih menarik.

Kerajinan Pot  dari Bambu

Pot bambu yang ditanami dengan tanaman-tanaman hijau akan membuat pekarangan rumah anda terlihat asri dan segar. Jika anda sedang bersantai, dan membaca buku sambil menikmati teh, maka anda akan terasa nyaman.

Pot yang terbuat dari bambu adalah contoh kerajinan tangan yang berbahan bambu dan akan menjadikan hari-hari anda begitu sempurna.

Alat dan Bahan

  • Bambu besar
  • Tali tambang
  • Tanaman
  • Lem kuat

Cara Pembuatan

  1. Pot dari bambu harus menggunakan bambu yang berdiameternya cukup besar.
  2. Susunla bambu tersebut pada bambu panjang seperti tangga.
  3. Anda dapat mengikatnya dengan tambang atau lem yang kuat
  4. Lubangi bambu tersebut seukuran tanaman cukup masuk.
  5. Masukan tanaman ke dalam lubang lubang dan taruhlah bambu ke dalam ruangan.

 

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh