10 Jenis Buah Mangga Beserta Ciri-cirinya

Jenis buah mangga – Jenis varietas buah mangga yang ditanam di indonesia cukup beragam, dari yang kualitas lokal maupun varietas imporan banyak dijumpai di ndonesia ini. Varietas buah mangga yang beraneka ragam tersebut sebenarnya bisa memunculkan jenis varietas mangga baru.

Jika dikembangkan lebih lanjut, misalnya dengan dikawinkan silang antara mangga satu dengan varietas mangga yang lain, beberapa jenis varietas mangga yang beredar di pasaran antara lain sebagai berikut.

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonya. Mangga termasuk ke dalam marga mangifera, yang terdiri dari 35 sampai 40 anggota. Dan nama ilmiahnya adalah mangfierra indica.

jenis buah mangga

jenis buah mangga

4.bp.blogspot.com

Dan sekarang akan diulas tentang berbagai macam mangga dari jenis dalam negeri indonesia.antara lain:

Mangga golek

mangga golek

www.indoindians.com

Pohon tidak begitu besar, dengan tinggi kurang lebih 9 meter dan tajuk membuat. Daun berbentuk lonjong, dengan pangkal meruncing dan ujung berbentuk mata tombak. Panjang daun 24 cm, lebar 6 cm. Tepi daun berjumlah 24 pasang.

Buah berujung runcing, panjang sekitar 17 cm, dengan berat mencapai 500 gram. Permukaan  kulit buah terdapat bintik-bintik. Kelenjar berwarna putih kehijauan, dan akan berubah warna menjadi kecoklatan  setelah masak.

Daging buah tebal, agak lunak, berwarna kuning tua setelah masak, tidak berserat, tidak banyak mengandung air, memiliki aroma cukup harum, dan rasa manis. Biji buah berserat pendek, panjang sekitar 14 cm dengan bentuk pipih memanjang.

Mangga arumanis

mangga golek

http://1.bp.blogspot.com

Mangga arumanis memiliki aroma cukup harum dan rasa manis. Tinggi pohon sekitar 9 meter, berdaun lebat, dan memiliki mahkota pohon menyerupai kerucut. Daun berukuran cukup besar, dapat mencapai panjang kurang lebih 45 cm, berbentuk lonjong dengan ujung meruncing.

Kulit buah berwarna hijau, tertutup lapisan lilin, sehingga warnanya seolah-olah tampak  kelabu.

Pangkal buah setelah matang berwarna kekuningan, dan pada permukaan kulit terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Berat buah rata-rata 450 gram, berbentuk bulat memanjang, dengan panjang mencapai 15 cm.

Pada ujung buah terdapat paruh dan sinus atau lekukan, dan terlihat cukup jelas. Daging buah tebal, lunak, berwarna kuning, dan tidak berserat atau sedikit serat. Biji buah berbentuk  pipih, berserat pendek, dengan panjang sekitar 13 cm.

Mangga manalagi

mangga manalagi

http://www.khasiat.co.id

Rasa buah manalagi cukup enak, seperti perpaduan antara mangga arumanis dengan golek. Tinggi pohon hanya sekitar 8 meter, dengan mahkota agak bulat berdiameter sekitar 12 meter.

Panjang daun 25 cm, lebar 7,5 cm, berbentuk lonjong dengan ujung runcing, pada bagian pangkal daun lebih besar dan tidak begittu meruncing. Permukaan daun sedikit berombak. Buah yang sudah masak berwarna hijau tua, tertutup lapisan  lilin berwarna kelabu.

Saat masak, pangkal buah akan berwarna kekuningan. Kulit buah relatif, dengan berbintik-bintik kelenjar berwarna putih dan berubah menjadi cokelat pada bagian tengahnya setelah masak.

Berat mencapai 500 gram dengan tpanjang sekitar 16 cm. Daging buah tergolong tebal, berserat sangat halus, hanya sedikit mengandung air, berwarna kuning, dan lunak. Rasa buah manis, segar, dan beraroma harum. Buah yang belum masak dan menjelang tua, rasanya sudah manis, sehingga mangga manalagi sering dimakan dalam kondisi masih keras, tetapi daging buah sudah menguning.

Biji buah agak besar, dengan panjang sekitar 14 cm, dan berserat pendek.

Mangga endog

mangga endog

sayursehatblog.files.wordpress.com

Bentuk bunganya lonjong, bagian pangkal dan ujungnya meruncing. Panjang daun sekitar 19 cm dengan lebar 5 cm. Bunga berbentuk kerucut dengan panjang tandang bunga mencapai 24 cm.

Buah berbentuk bulat kecil menyerupai telur, dengan berat sekitar 200 gram. Panjang buah sekitar 7 cm, dengan diameter 5-6 cm. Pangkal buah membulat dengan ujung sedikit berparuh dan tidak memiliki lekuk.

Permukaan kulit pada buah  tua halus berlilin, dan terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Setelah masak bagian pangkal buah berwarna kuning. Daging buah berserat agak kasar, dan sedikit mengandung air, dan beraroma kurang harum tetapi tetap memiliki rasa manis.

baca juga : cara menanam buah naga

Mangga lalijiwo

mangga lalijiwo

sudardjattanusukma.files.wordpress.com

Tinggi pohon mangga lalijiwo sekitar 8 meter, dengan lebar tajuk mencapai 9 meter. Daun cukup lebat dengan percabangan banyak, dan buah setiap pohon juga banyak, daun berwarna hijau tua, berbentuk lonjong dan meruncing pada pangkal dan ujungnya.

Panjang daun sekitar 20 cm. Ukuran buah tidak terlalu besar, seperti mangga endog, rata-rata hanya 200 gram. Bentuk buah agak membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang 7 cm, berparuh dan berkeluk sedikit.

Kulit buah tua berwarna hijau dengan  bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Jika sudah tua, berkadar air sedikit, beraroma kurang harum, dan memiliki rasa yang manis, Mangga madu

Tinggi pohon sekitar 10 meter dengan lebar tajuk mencapai 13 meter. Daun dan percabang relatif sedikit dan cenderung jarang berubah. Daun agak lonjong berbentuk melipat dan berujung runcing, panjang 22,5 cm dan lebar 6,5 cm.

Berat buah sekitar 375 gram, panjang sekitar 10 cm, berbentuk bulat panjang dengan ujung buah membulat, peruh dan lekukan pada ujung buah tidak begitu jelas terlihat. Kulit halus dilapisi lilin, terdapat bintik-bintik kelenjar putih kehijauan.

Pangkal buah tua berwarna kuning kemerahan meskipun ujung buah masih berwarna hijau. Daging buahnya berwarna kuning dengan bagian dalam berwarna kuning tua seperti madu. Berserat sedikit, kadar air sedang, beraroma cukup harum, dan rasanya sangat manis, semanis madu. Biji buah berserat pendek, dengan panjang sekitar 9 cm.

 Mangga kemang

mangga

http://2.bp.blogspot.com

Mangga kemang memiliki nama yang cukup beragam, misalnya di lampung dikenal dengan nama binjal atau belu. Tinggi pohon 20-40 meter dengan pertumbuhan tegak, berbatang bulat dengan diameter 80-100 cm, berwarna kelabu.

Daun berbentuk lanset atau lengkung meruncing, panjang  10-15 cm, dan lebar 3-15 cm.

Permukaan atas daun berwarna hijau tua, memiliki tulang daun antara 18 – 30 pasang. Buah berbentuk elips dengan panjang antara 12-16 cm, dan diameter 6-10cm.

Warna kuning kecokelatan setelah masak, berbau seperti terpenting, dan rasanya cukup beragam, manis, sepet, dan asam. Peloknya berukuran cukup besar, mangga jenis ini sering dimakan sebagai rujak atau asinan.

Mangga kweni

mangga kweni

bangakrie.files.wordpress.com

Tinggi pohon mangga kweni antara 20-30 meter. Permukaan daun bergelombang, meruncing pada bagian pangkal dan ujungnya, panjang 25 cm, dan lebar 6 cm. Bentuk buah lonjong, dengan ujung membulat, tidak berkelukdan berparuh. Berat buah rata-rata350 gram, panjang sekitar 11 cm.

Kulit halus berlilin, dilengkapi bintik-bintik putih kehijauan. Pada buah yang sudah masak, beraroma khas kweni. Rasa daging buah cukup manis dengan sedikit rasa terpentin.

Mangga pakel

mangga pakel

http://farm3.static.flickr.com

Tinggi pohon antara 20-25 meter dengan tajuk membulat berdiameter sekitar 10 meter, dan berdaun lebat. Permukaan daun bergelombang panjang mencapai 42 cm. Lebar 17 cm. Serta meruncing pada bagian pangkal dan ujungnya.

Bobot buah mencapai 500 gram, berbentuk bulat sedikit lonjong, panjang antara 12-15 cm, berwarna hijau kelabu dengan permukaan kulit terdapat bercak-bercak coklat dan bergetah.

Daging buah berserat kasar, berasa asam sedikit rasa manis bercampur rasa terpentin. Memiliki aroma khas yang cukup kuat. Biasanya buah ini dikonsumsi sebagai jus atau es campur.

Mangga indramayu

mangga indramayu

www.winnetnews.com

Mangga indramayu merupakan mangga lokal yang banyak di budidayakan  di daerah Indramayu. Aromanya menyengat dengan rasa manis yang juga menyengat. Bentuk buah mangga ini sangat khas, sehingga sangat mudah membedakanya dengan buah mangga yang lain.

Daging buahnya sedikit berair, dan mempunyai serat yang khas, sehingga sangat nikmat saat disantap dimusim kemarau, ketika panas menyengat.

Mangga apel

mangga apel

http://www.jejamo.com

Disebut mangga apel, karena bentuknya bulat seperti buah apel tetapi dengan kulit berwarna hijau agak ungu kemerahan di bagian pangkal buah. Mangga apael rasanya masam ketika masih muda dan agak sedikit manis ketika matang.

Jenis buah mangga – Namun begitu banyak sekali yang menyukai mangga apel terutama untuk disantap sebagai rujak.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh